Rabu, 23 Februari 2011

Tempe Bisa Menawar Racun

Posted by yantobolot 14.38, under | No comments

Tempe Bisa Menawar Racun

Posted November 23, 2007

persepsi makanan bergizi itu mahal, ternyata tidaklah benar. Banyak bahan makanan yang bergizi atau berkualitas tinggi harganya murah serta mudah didapat, sebut saja Tempe. Tempe kaya kandungan protein dan bisa menawar racun didalam tubuh, karena kandungannya seperti yang dimiliki susu murni atau putih telur. Prof. Dr. Anna Poedjiadi (Dasar-dasar Biokimia) mengatakan ion-ion positif yang dapat mengendapkan protein antara lain ialah Ag+, Ca2+, Zn2+, Hg2+, Fe2+, Cu2+ dan Pb2+. “Berdasarkan sifat tersebut putih telur atau susu dapat digunakan sebagai antidotum atau penawar racun apabila orang keracunan logam berat,” katanya.
Kandungan protein tempe berbeda dengan kandungan protein dalam kacang kedele (sumber bahan bakunya), terutama dalam proses penyerapan, karena pada tempe telah melalui proses fermentasi )oleh jamur Rhizopus Oligosporus) sehingga protein yang terkandung di dalamnya telah mengalami proses degradasi oleh jamur hingga memudahkan penyerapannya di dalam tubuh. Selain itu tempe memiliki kandungan antioksidan, memiliki kandungan Genistein yang bisa mencegah kanker prostat, kanker payudara dan mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang), dan dapat menanggulangi anemia lantaran tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein dan asam folat dan vitamin B12.
Kesimpulannya, tempe memiliki kandungan vitamin B12 antara 3,9-5 ug/100 gr, vitamin B lainnya, yaitu Niacin dan Riboflavin (vitamin B2). Tempe dapat mencukupi keperluan kalsium sebanyak 20% dan zat besi sebanyak 56% dari standar gizi yang dianjurkan. Tempe juga mengandung protein yang tinggi (8,3%), sedangkan kandungan hidrat arangnya rendah. (rj)

0 komentar:

Posting Komentar